PENERAPAN SENAM OTAK TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DENGAN DEMENSIA

  • Ammy Retno Suryatika Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
  • Wijarnako Heru Pramono Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Keywords: Demensia, Fungsi Kognitif, Senam Otak

Abstract

Demensia adalah kemunduran kognitif yang sedemikian beratnya sehingga mengganggu aktivitas hidup sehari-hari dan aktivitas sosial. Kemunduran kognitif pada demensia biasanya di awali dengan kemunduran memori atau daya ingat (pelupa). Fungsi kognitif merupakan modal utama manusia dalam aktifitas  kehidupannya seharihari.
Senam otak adalah senam ringan yang dilakukan dengan gerakan menyilang agar terjadi harmonisasi dan optimalisasi kinerja otak kanan dan kiri sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan senam otak terhadap fungsi kognitif pada lansia dengan demensia. Desain penelitian ini adalah One Grup Pretest Post Test tanpa control, penelitian ini telah dilakukan di Panti Wredha Harapan Ibu Semarang pada tanggal 5 Desember 2018 sampai 11 Desember 2018. Alat pengumpulan data yang digunakan kuisioner Mini Mental Status Examination (MMSE). Dalam  penelitian ini ditemukan 3 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Hasil penelitian ini prosentase rata-rata peningkatan fungsi kognitif pada seluruh responden adalah 5 dan hasil rata-rata per respondennya adalah 1.7 ini menunjukan bahwa senam otak efektif untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia dengan demensia. Lansia yang mengalami dimensia diharapkan dapat melakukan latihan senam otak secara efektif dan teratur, dan tidak puas diri, walaupun telah terjadi peningkatan fungsi kognitif agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ammy Retno Suryatika, Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Wijarnako Heru Pramono, Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Lecture of Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Published
2019-01-20
How to Cite
Suryatika, A., & Pramono, W. (2019, January 20). PENERAPAN SENAM OTAK TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DENGAN DEMENSIA. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 3(1), 28-36. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v3i1.56
##“article.abstract”## viewed = 3738 times
Full Text downloaded = 4903 times