TINJAUAN LITERATUR: ALAT UKUR NYERI UNTUK PASIEN DEWASA LITERATURE REVIEW: PAIN ASSESSMENT TOOL TO ADULTS PATIENTS

  • Raimonda Amayu Ida Vitani Program Studi DIII Keperawatan , Stikes St Elisabeth
Keywords: Nyeri, alat ukur nyeri, pengkajian nyeri

Abstract

Nyeri merupakan pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kerusakan jaringan (aktual atau potensial).
Model pengkajian nyeri dapat menggunakan indikator subjektif dan objektif. Banyak alat ukur pengkajian nyeri telah dikembangkan dan digunakan.

Tujuan dari dilakukannya review adalah mengumpulkan semua hasil penelitian terbaik sebagai evidence yang berhubungan dengan alat ukur nyeri yang dapat digunakan untuk mengkaji nyeri pasien dewasa.

Metode pencarian melalui database elektronik yang digunakan dalam pencarian adalah Ebsco melalui MEDLINE with full text, Proquest melalui Proquest Nursing and Allied Health Source dan Arts and Humanities Full Text, dan Googlesearch. Kriteria inklusi pencarian dalam pembuatan analytic review ini yaitu artikel dalam bahasa Inggris, full text, dipublikasikan mulai tahun 2000 dan menggunakan perbandingan alat ukur nyeri. Sejumlah 5 artikel jurnal digunakan dalam pembahasan studi ini. Alat ukur nyeri yang dapat dipakai antara lain NRS, VAS, VRS.

Hasil :
perbandingannya menunjukkan bahwa VAS adalah alat pengkajian nyeri yang lebih baik dibandingkan NRS dan VRS karena memiliki senistifitas yang baik, reliabilitas yang baik, memiliki sifat-sifat skala rasio, sederhana dan mudah digunakan walaupun akan sulit digunakan jika pasien tidak sadar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Raimonda Amayu Ida Vitani, Program Studi DIII Keperawatan , Stikes St Elisabeth

Lecture of Program Studi DIII Keperawatan , Stikes St Elisabeth

Published
2019-01-20
How to Cite
Vitani, R. (2019, January 20). TINJAUAN LITERATUR: ALAT UKUR NYERI UNTUK PASIEN DEWASA LITERATURE REVIEW: PAIN ASSESSMENT TOOL TO ADULTS PATIENTS. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 3(1), 1-7. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v3i1.51
##“article.abstract”## viewed = 5014 times
Full Text downloaded = 11773 times