Penerapan Terapi Relaksasi Benson Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Kanker Di Yayasan Kanker Inisiatif Zakat Indonesia Semarang

  • Diyah Ayu Fatmawati
  • Emilia Puspisatari Sugianto Program Studi DIII Keperawatan Universitas Widya Husada Semarang
Keywords: kanker, nyeri, relaksasi benson

Abstract

Nyeri telah menjadi keluhan utama yang paling sering dirasakan oleh penderita kanker. Salah satu cara mengatasi nyeri pada pasien kanker dengan terapi non farmakologi yaitu pemberian terapi relaksasi benson yang dapat menghambat kegiatan saraf simpatis yang kemudian bisa menurunkan konsumsi oksigen oleh tubuh yang kemudian akan membuat otot – otot tubuh menjadi lebih santai dan memicu timbulnya rasa tenang serta nyaman. Tujuan studi kasus ini menyusun resume asuhan keperawatan dalam pemberian terapi relaksasi benson untuk mengurangi nyeri pada pasien kanker di yayasan kanker IZI Semarang. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus pendekatan asuhan keperawatan penerapan relaksasi benson untuk mengurangi nyeri pada pasien kanker. Responden penelitian ini adalah 2 pasien dewasa dengan penyakit kanker yang merasakan nyeri dengan skala 3 – 6 (nyeri ringan hingga nyeri sedang). Hasil studi kasus menunjukkan bahwa terjadi penurunan nyeri kepada kedua responden dimana pada responden I merasakan nyeri dengan skala awal 6 berkurang menjadi 2 dan pada responden II merasakan nyeri dengan skala awal 4 berkurang menjadi 2 setelah diberikan terapi relaksasi benson selama 3 hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi relaksasi benson mampu menurunkan nyeri pada pasien kanker dengan skala ringan hingga sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadila, E., & Naufal, H. (2021). Efektifitas Pelayanan Home Care Pada Perawatan Paliatif Penderita Penyakit Kronis : Kanker. Jurnal Nursing Update, 12, 93-105.
Haryono, S. J., Anwar, S. L., & Salim, A. (2018). Dasar - Dasar Biologi Molekuler Kanker Bagi Praktisi Klinis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan . Jakarta: Salemba Medika.
Puspitarini, D. A., & Wirotomo, T. S. (2021). Literature Review : Penerapan Terapi Musik Klasik Dalam Menurunkan Nyeri Pada Pasien Kanker. Prosiding Seminar Kesehatan Nasional. 1, pp. 1053-1058. Pekalongan: Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Sagala, D. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Tingkat Stres Pada Lansia Diruang Rawat Inap RSU Bhayangkara Tebing Tinggi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4.
Samsugito, I. (2021). Modul Teknik Relaksasi Benson. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Sari, N., Suza, D. E., & Tarigan, M. (2021). Terapi Komplementari Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Kanker. Journal of Telenursing, 3, 759-770.
Published
2023-02-16
How to Cite
Fatmawati, D., & Sugianto, E. (2023, February 16). Penerapan Terapi Relaksasi Benson Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Kanker Di Yayasan Kanker Inisiatif Zakat Indonesia Semarang. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 7(1), 46-51. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v7i1.138
##“article.abstract”## viewed = 364 times
PDF downloaded = 287 times