FENOMENA INTERVENSI HARAPAN TERHADAP KEBAHAGIAAN PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL TAHAP AKHIR DENGAN HEMODIALISIS

  • Nining Puji Astuti Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Gagal Ginjal Kronis; Hemodialisis; Intervensi Harapan; Kebahagiaan; Penyakit Ginjal Tahap Akhir.

Abstract

Pendahuluan: Hemodialisis sebagai salah satu metode pengobatan pasien Penyakit Ginjal Tahap Akhir menimbulkan banyak dampak psikologis yang mempengaruhi kebahagiaan pasien. Kondisi tidak bahagia menyebabkan turunnya imunitas, ketidakpatuhan regimen terapeutik dan rendahnya kualitas hidup pasien hemodialisis. Intervensi harapan diperlukan sebagai salah satu metode dalam meningkatkan kebahagiaan pasien hemodialisis.

Tujuan: Studi kasus ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena intervensi harapan dalam mempengaruhi kebahagiaan pada pasien penyakit ginjal tahap akhir.

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pemaparan studi kasus melalui pendekatan asuhan keperawatan yakni pengkajian, penegakan diagnosa keperawatan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Tindakan keperawatan non farmakologis berupa intervensi harapan dilakukan sebanyak 8 sesi dan di ukur menggunakan alat ukur kebahagiaan yaitu Oxford Happiness Questionnaire.

Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan hasil pengukuran awal kebahagiaan menggunakan Oxford Happiness Questionnaire didapatkan hasil bahwa level kebahagiaan pasien adalah 3 (tidak bahagia) dan meningkat menjadi 5 (bahagia) setelah dilakukan intervensi. Kebahagiaan pasien penyakit ginjal tahap akhir yang menjalani hemodialisa dipengaruhi oleh kondisi psikologis, status pernikahan, hubungan seksual, tingkat ekonomi, kondisi fisik dan sangat berpengaruh terhadap kepatuhan pasien dalam menjalankan pengobatan.

Kesimpulan: Intervensi harapan merupakan intervensi mandiri keperawatan yang dapat dilakukan baik secara mandiri dan berkelompok demi meningkatkan kebahagiaan pasien penyakit ginjal tahap akhir yang menjalani hemodialisa.

 

Kata Kunci: Gagal Ginjal Kronis; Hemodialisis; Intervensi Harapan; Kebahagiaan; Penyakit Ginjal Tahap Akhir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-18
How to Cite
Astuti, N. (2021, January 18). FENOMENA INTERVENSI HARAPAN TERHADAP KEBAHAGIAAN PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL TAHAP AKHIR DENGAN HEMODIALISIS. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 5(1), 50-58. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v5i1.112
##“article.abstract”## viewed = 617 times
Full Text downloaded = 483 times